Rabu, 21 November 2012

KAPITALISME YANG MENYENGSARAKAN BURUH



Syabab.Com - Kapitalisme benar-benar tengah memperlihatkan kebobrokannya. Akibat sistem kapitalisme global yang mementingkap para kapitalis telah menyebabkan pengangguran terus meningkat. Orang-orang pun semakin berani untuk memprotes kebijakan kapitalisme, baik di negeri Muslim mapun di Barat itu sendiri, seperti aksi protes di Amerika Serikat dan Eropa.
Organisasi Buruh Internasional (ILO) mengatakan bahwa meningkatnya pengangguran global akan memicu lebih banyal aksi protes di seluruh dunia terutama di Eropa dan di Timur Tengah.

Dalam laporan tahunannya yang dikeluarkan pada Senin di Jenewa, lembaga PBB itu mengatakan bahwa perekonomian global yang tidak stabil memungkinkan untuk membuat resesi pekerjaan lebih dalam sebagai langkah penghematan yang diadopsi oleh banyak negara hanya akan memperburuk situasi, Reuters melaporkan.

"Beberapa bulan ke depan akan sangat penting untuk menghindari penurunan dramatis dalam ketenagakerjaan dan bertambahnya kerusuhan sosial yang signifikan lebih lanjut," kata Raymond Torres, penulis utama, telah menulis dalam laporan.

Laporan ILO menambahkan bahwa studi kasus yang dilakukan untuk laporan itu menunjukkan ketidakpuasan yang populer adalah penyebaran, dengan risiko yang lebih protes anti pemerintah dari tahun lalu dalam satu sepertiga dari 119 negara di mana survei dilakukan.

Badan PBB tersebut menyatakan bahwa para pekerja, terutama anak-anak muda, kehilangan kepercayaan kepada pemerintah mereka dan semakin banyak yang marah atas kebijakan yang mendukung orang kaya daripada kelas menengah dan kalangan miskin.

Laporan ini mencatat bahwa pengangguran di seluruh dunia telah mencapai tingkat tertinggi yang pernah dicatat dengan lebih dari 200 juta orang keluar dari pekerjaannya.

Di beberapa negara Eropa seperti Spanyol dan Yunani, tingkat penggangguran telah naik menjadi lebih dari 40 persen, kata laporan itu.

Laporan itu juga menggarisbawahi bahwa tren, pertumbuhan saat ini, terutama di negara maju, menyarankan bahwa diperlukan waktu setidaknya lima tahun untuk kembali kepada tingkat ketenagakerjaan seperti pada tahun 2007.

Demikianlah, krisis global dunia akibat penerapan kapitalisme telah memperlihatkan kerusakannya. Inilah saatnya, sebuah sistem baru yang menyejahterakan tampil memimpin dunia. Sistem itu tiada lain adalah sistem Islam yang berasal dari Rabb Pencipta alam semesta.

Sungguh sangat aneh bila di negeri-negeri Barat tengah dilanda krisis, di negeri kaum Muslim malah masih juga membanggakan sistem kapitalisme tersebut. Maka jika ini terus diterapkan, maka kerusakan demi kerusakan akan terus terlihat.

Sudah saatnya, kaum Muslim kembali kepada tatanan syariah di bawah naungan Khilafah yang telah terbukti berabad-abad membawa kesejahteraan kepada dunia. Syariah akan mengelola sumber daya alam umat untuk kepentingan umat bukan untuk kepentingan para kapitalis seperti yang terjadi hari ini. Insya Allah, ambruknya kapitalisme di depan mata, dan kebangkitan Islam semakin dekat. [m/prstv/syabab.com]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Development by GSBM-KASBI BEKASI | Bloggerized by Supriyadi Anc - Konfederasi KASBI | Facebook Pusat Konfederasi KASBI