Jumat, 05 Oktober 2012

Mogok Nasional buruh bekasi

Buruh Bergerak

Sebelum menggelar aksinya, buruh yang tergabung dalam FPBJ, GESBURI, GSPB, FDB, GSBI, FSPOI, dan KASBI itu terlebih dulu menyisir seluruh kawasan industri yang berada di Kabupaten Bekasi. Mulai dari Jababeka, Lippo, Hyundai, dan EJIP.
Setelah massa terkumpul dalam jumlah besar, mereka pun menggelar orasi tepat di persimpangan jalan menuju kawasan industri Lippo, EJIP, dan Hyundai. Secara bergantian, perwakilan dari masing-masing serikat pekerja menyampaikan orasinya.
Ribuan buruh lain yang menyimak orasi dari sepeda motor yang diparkirkannya di jalan-jalan sekitar. Akibatnya, jalur dari EJIP menuju Jalan Raya Cibarusah, serta dari Jalan Raya Cibarusah menuju Lippo dan Hyundai tertutup.
Kepala Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat pun langsung turun tangan untuk meminta buruh membuka akses jalan. “Silakan sampaikan orasi, tapi jangan sampai merugikan pengguna jalan yang lain,” ucapnya.
Imbauan Wahyu tersebut sempat membuat buruh meradang karena menganggapnya sebagai provokasi. Namun orasi mereka dapat tersampaikan hingga akhir dalam kondisi lancar.
Melalui aksinya tersebut, buruh meminta agar pengupahan yang layak segera diberlakukan. “Oleh karenanya, kami menuntut agar Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang membahas penentuan angka Kebutuhan Hidup Layak berdasarkan 46 item segera dihapuskan karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan ril di lapangan,” kata Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos.
Atas nama buruh, Nining meminta pengusaha tak terus-menerus memeras tenaga dan menindas mereka dengan hanya membayarkan upah minim. Jika hal tersebut tak dipenuhi, Nining mengatakan, buruh akan menggelar aksi lanjutan pada 31 Januari hingga 2 Februari 2012 dengan jumlah massa lebih banyak hingga sanggup menghentikan roda ekonomi dan melumpuhkan Kabupaten Bekasi.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Development by GSBM-KASBI BEKASI | Bloggerized by Supriyadi Anc - Konfederasi KASBI | Facebook Pusat Konfederasi KASBI